Jakartta, Seruu.com - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menyalahkan pemerintah yang dinilai melakukan pembiaran terhadap kasus Mesuji, Lampung dan kasus Bima, Nusa Tenggara Barat. Negara juga dianggap tidak pernah tegas menyelesaikan persoalan serupa di beberapa daerah. Demikian disampaikan Ketua DPD RI Irman Gusman di Gedung DPD/MPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (3/1).

Pernyataan Irman itu dikemukakan usai rapat tertutup dengan beberapa anggota DPD RI yang daerahnya mengalami konflik seperti di Mesuji dan Bima. Irman menilai kasus yang seperti yang terjadi di Mesuji dan Bima sudah terjadi sembilan tahun lalu. Namun, pemerintah sangat lambat merespon dan terkesan melakukan pembiaran, sehingga timbul korban jiwa dalam persoalan tersebut.

Untuk permasalahan Mesuji dan Bima ini DPD RI berencana menggelar rapat konsultasi dengan Presiden, DPR dan Mahkamah Konstitusi agar permasalahan tersebut dapat segera diselesaikan. DPD juga meminta pemerintah mereformasi undang-undang kepemilikan tanah dan mengontrol aparat pemerintahan daerah yang sering melakukan manipulasi tanah di daerahnya. [ms]