Dansatgas foto bersama dengan personel yang sedang dinas menjaga Pos OP Mata di KI D

Seruu.com - Personel Markas Komando (Mako) Satgas Indobatt yang tidak berdinas khusus setelah merayakan pergantian tahun baru 2012 dengan sederhana, dilanjutkan mengunjungi rekan-rekannya yang sedang melaksanakan tugas jaga di pos-pos perbatasan negara Lebanon dengan Israel yang menjadi tanggung jawab Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL (Indobatt), di Lebanon Selatan, dimulai pukul 00.15 hingga 05.30 LT, Sabtu (01/01) waktu Lebanon.
 

Tujuan kunjungan ke pos-pos di malam pergantian tahun baru ini menurut Dansatgas Indobatt Letkol Inf Suharto Sudarsono, selain memberikan motifasi moril kepada personel satuan bawah yang bertugas di lapangan, juga ikut berbagi kebahagiaan dengan mereka yang merayakan pergantian tahun baru 2012 di pos masing-masing.
 
Dalam kunjungan ini Komandan Satgas didampingi Wadansatgas Letkol Mar FJH. Pardosi dan rombongan membawakan makanan dan minuman, untuk dibagikan kepada personel yang saat itu sedang melaksanakan tugas jaga di pos yang menjadi tanggung jawabnya selama 24 jam.
 
Suhu dingin diluar yang berkisar 8-5 derajat tidak menghalangi rombongan untuk melaksanakan kunjungan, perjalanan rombongan diawali dari UN Posn 7-1 menuju OP (Observation Post) Mata area operasi Kompi Delta (D) dilanjutkan menuju OP 16 yang merupakan area operasi Kompi Egle (E), pos ini bentuknya sama dengan OP mata KI D berupa bangunan tenda yang dijaga oleh  6 orang personel secara bergantian 4 jam sekali.
 
Usai dari OP 16 rombongan menuju TP 37 yang masih area tanggung jawab KI E, pos ini berbeda dari pos-pos yang lain, tidak memiliki tenda dan tidak boleh mendirikan tenda di tempat itu, karena posisi pos persis digaris perbatasan antara kedua Negara yang biasa disebut Blue Line,  tepatnya berada diantara pos keamanan tentara Israel (IDF) dan pos tentara Lebanon (LAF).  Dari TP 37 Selanjutnya rombongan menuju OP panorama, tempatnya masih disekitar Blue Line dan merupakan area tanggung jawab KI A.
 
Mengakhiri kunjunganya, Dansatgas dan rombongan meninjau XC 05 yang merupakan area operasi dari Kompi C. Secara umum kondisi wilayah operasi Indobatt menjelang perayaan pergantian tahun baru 2012 dalam keadaan aman dan terkendali.
 
Sebelum berangkat meninjau pos, menjelang detik-detik pergantian tahun baru 2012, personel Mako Satgas melaksanakan  syukuran doa bersama demi keselamatan dan kelancaran pelaksanaan tugas Satgas Indobatt dalam misi perdamaian UNIFIL di Lebanon.
 
Pada kesempatan ini Komandan Satgas mengucapkan selamat tahun baru kepada seluruh personel Satgas, “dengan harapan di tahun baru 2012 ini kita senantiasa diberikan  perlindungan dan kesehatan oleh Allah SWT, termasuk keluarga yang kita tinggalkan,  sehingga kita semua dapat melaksanakan tugas di Lebanon ini dengan sebaik baiknya,” katanya.
           
Ikut serta mendampingi Dansatgas dalam melaksanakan peninjauan pos, Kordinator perayaan tahun baru Mayor Kav Budi Medina, Kepala Staf Umum Mayor Mar Purba, Kepala Staf Sus Mayor Chk Hendry, Kasiops Satgas Kapten Inf Resa, Pasi Intel Kapten Mar Bedjo dan Komandan Satma Lettu Inf Tinton serta tidak ketinggalan pula Wanita TNI turut serta dalam kunjungan tersebut. [puspen]