Jakarta, Seruu.com - Kejaksaan Agung menangkap buronan kasus pembobolan dana deposito Pemerintah Kabupaten Batubara sebesar Rp 80 miliar di Bank Mega Tbk cabang Jababeka. Buron itu adalah tersangka, Yunita Intannita Johan, yang saat itu menjabat Sekretaris PT Pasific Fortune Management.

Kepala Pusat Penerangan Kejaksaan Agung RI Noor Rachmat mengatakan Yunita ditangkap pada hari Ahad kemarin sekitar pukul 15.00 WIB di daerah Bogor Jawa Barat. "Tim Penyidik Pidana Khusus yang menangkapnya," kata Noor Rahmat, kepada wartwan Senin, (02/1/2012).

Noor menyatakan Tim Penyidik langsung membawa tersangka ke Kejaksaan Agung. Kepadanya langsung dilakukan penahanan.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung menetapkan lima tersangka dalam kasus dugaan pembobolan uang Pemerintah Kabupaten Batubara, Sumatera Utara yang disimpan di Bank Mega. Mereka adalah Yos Rauke (Kepala Dinas Pendapatan Daerah Pemerintah Kabupaten Batubara), Fadil Kurniawan (Bendahara Pemkab Batubara), Ilham Martua Harahap (Direktur PT Pacific Fortune Management), dan Rahman.

Kasus ini berawal saat Yos Rauke berkenalan dengan Itman Hari Basuki (Kepala Cabang Bank Mega Jababeka Cikarang) di sebuah kafe daerah Jaksel pada September 2010.

Dalam pertemuan tersebut, Itman menawarkan jasa perbankan dari Bank Mega berupa jasa bank yang lebih tinggi dari bank lainnya untuk deposito per tiga bulan. Tergiur promosi itu, tersangka lalu menyetorkan uang tunai sejumlah Rp 80 miliar sebanyak enam kali.

Uang ini awalnya berada di Bank Sumatera Utara, namun September 2010 berpindah rekening deposito Bank Mega Cabang Jababeka Cikarang, Bekasi. Pemindahan berlangsung bertahap yakni 15 September 2010 disetorkan sebanyak Rp 20 miliar, 15 Oktober Rp 10 miliar, 9 November Rp 5 miliar, 14 Januari 2011 senilai Rp 15 miliar, dan 11 April 2011 disetorkan Rp 30 miliar.

Setelah disetorkan ke rekening Bank Mega, selanjutnya kedua tersangka mencairkan deposito uang sejumlah Rp 80 miliar untuk disetorkan ke dua perusahaan sekuritas, Pacific Fortune Management dan Nobel Mandiri Investment, melalui rekening Bank BCA dan Bank CIMB Niaga. [ms]