MS Hidayat, Menteri Perindustrian

Jakarta, seruu.com - Menteri Perindustrian MS Hidayat menyiapkan mobil angkutan murah bagi petani. Mobil tersebut akan dilepas bulan ini. Skema pembelian mobil tersebut melalui mekanisme permodalan.

"Program ini termasuk dalam program kemudahan dalam akses perbankan, sehingga nanti petani bisa mengakses melalui koperasi atau individu. Dengan akses permodalan itu membuat petani bisa mendapat mobil murah ini," kata Menteri Pertanian Suswono, Selasa (3/1).

Pembiayaan mobil murah melalui kelompok tani atau perorangan dengan menggunakan skim permodalan tidak akan begitu banyak menarik minat petani. Pasalnya, serapan program bantuan permodalan yang digelontorkan pemerintah sepanjang 2011 hanya 4,7 persen.

"Berbagai macam skim program pembiayaan pertanian sepanjang 2011 serapannya masih rendah dengan kisaran 4,7 persen sampai 18,1 persen," kata Suswono.

Program pembiayaan yang dimaksud Suswono yakni Kredit Ketahanan Pangan-Energi (KKP-E), Kredit Penegmbangan Energi Nabati dan Revitalisasi Perkebunan (KPEN-RP), Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS), dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Rendahnya penyerapan pembiayaan permodalan atau kredit karena masih banyak hambatan di lapangan, salah satunya persyaratan yang menyulitkan. [ms]