Situs Hindu Hopong Simangumban

Dolok Sanggul,Seruu.Com - Di dolok sanggul kecamatan simangumban Pahae Jae Tapanuli Utara terdapat situs Hindu Hopong ini merupakan situs peninggalan sejarah yang belom di kenal masyarakat umum. Keberadaan peninggalan sejarah ini ada beberapa patung dan gua tetapi sudah banyak patung yang tua dan tidak utuh lagi.

 
Untuk Kelokasi ini sangatlah minim transport dan masi jauh dari jalan Lintas Sumatera Simangumban tetapi mudah untuk mendapatkan kampung ini Setelah sampai di Simangumban tepatnya di Pasar/Pajak/Onan Simangumban cukup bertanya Dimana Alamat Huta Hopong karena nama hopong ini sudah sangat Familiar disana sebab pembangunan ke daerah ini sepertinya masi kurang perhatian dari PEMKAB TAPUT. Sesampai di Huta Hopong nanti akan ada Masjid Jamik berkukuran 8 x 10 meter dan kondisi jalan masi cukup rusak berkerikil
 
Mesjid Hopong Simangumban
 
Hopong terletak di celah bukit barisan Taput, yang berjarak sekitar 14 KM dari pekan Simangumban. Jarak kota Medan- Hopong lebih kurang 355 KM dan dapat dilalui lewat rute perjalanan Medan – Tarutung - Pahae Jae – Simangumban - Hopong.  (GS)