Ribka Tjiptaning Aksi Bersama Ribuan Dokter

Jakarta, Seruu.com- Ribka Tjiptaning, anggota Komisi IX DPR RI, dari Fraksi PDI Perjuangan melakukan aksi bersama ribuan dokter yang tergabung dalam  Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Senin (24/10/2016). Aksi itu sendiri dilakukan dengan cara long march dari Tugu Proklamasi menuju Istana Merdeka, menolak program Dokter Layanan Primer (DLP).

 

“Hari ini, saya selaku dokter, dan juga ibu yang mempunyai anak, tiga diantaranya dokter, melakukan perjuangan ekstra parlementer. Saya menolak DLP karena semakin menghambat Mahasiswa Fakultas Kedokteran untuk bisa segera mengabdi kepada masyarakat. Karena hal ini ironis, di tengah Indonesia kekurangan dokter,” jelasnya di tengah kerumunan massa dokter yang melakukan aksi.

Aksi damai yang diikuti oleh sekitar 2000 dokter itu sendiri diorganisir oleh PB IDI (Pengurus Besar Ikatan DOkter Indonesia).

Dalam aksi tersebut, Ketua PB IDI Ilham Oetama Marsis tampak hadir di tengah massa. Mereka long march dari Tugu Proklamasi menuju Istana, dan melakukan mimbar di depan Istana. Dalam pernyataannya tertulis, PB IDI mengatakan DLP tidak sejalan dengan UU No 29 Tahun 2004 tentang Pratik Kedokteran.          

Di Parlemen, Ribka Tjiptaning menyatakan dirinya sebagai inisiator revisi UU No 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran, khususnya masalah program DLP. “Hari ini juga saya akan memasukan  naskah akademik dan draf perubahan atas UU No 20 Tahun 2013 ke Baleg,” tegasnya. [sm]