Seruu.Com – Berbagai cara dalam penangkapan ikan salah satunya adalah dengan menggunakan alat setruman listrik untuk menangkap ikan. Penangkapan semacam ini, biasanya dilakukan di tempat genangan air yang tidak begitu dalam, seperti di parit atau genangan air bekas aliran sungai.

Tapi tahukah anda bahwa cara menangkap ikan dengan menggunakan setruman sangat berbahaya karena ketika setruman dihidupkan di dalam air maka air itu bisa mengantarkan listrik. 

Nah, bagi Anda yang sering atau suka menggunakan alat setrum untuk menangkap ikan perlu untuk hati-hati karena bisa merenggut nyawa Anda. Hal ini yang terjadi di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), pada Jumat kemarin (15/4). Satu orang remaja tewas tersetrum listrik saat melakukan penyetruman ikan, sementara satu orang lagi dilarikan ke rumah sakit.

Remaja itu awalnya melakukan setrum ikan dengan sahabatnya di lokasi parit di Parak Laweh, Kecamatan Lubuk Begalung.

Berdasarkan keterangan Kapolsek Lubuk Begalung, Kompol Aljufri, korban meninggal itu berstatus seorang pelajar di SMKN 7 Padang sedangkan rekannya kini masih dirawat.

“Mereka tersengat listrik saat melakukan setrum ikan usai melaksanakan salat Jumat,” ujarnya, Sabtu (16/4).

Untuk itu, bagi Anda yang selama ini sering melakukan penangkapan ikan dengan cara setrum yang dirangkai dari daya listrik melalui aki agar berhati-hati. Jangan sampai menelan korban hanya karena ingin mendapatkan ikan yang jumlahnya tidak seberapa. (km)