Presiden Jokowi menerima kedatangan PM Belanda Mark Rutte di Istana Merdeka, Jakarta (23/11). (Foto: Rahmat)

Jakarta, Seruu.com - Perdana Menteri (PM) Kerajaan Belanda, Mark Rutte mengunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (23/11) siang.

PM Mark Rutte bersama rombongannya tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 11.00 WIB. Kedatangan PM Negeri Kincir Angin itu disambut oleh Presiden Jokowi secara langsung.

Setelah mengisi buku tamu kenegaraan, Presiden Jokowi mengajak PM Mark Rutte ke teras belakang Istana Merdeka untuk melakukan berbicara secara empat mata.

Selanjutnya Presiden Jokowi dan PM Mark Rutte memimpin delegasi pemerintah negara masing-masing melakukan pertemuan bilateral, yang digelar di Istana Merdeka.

"Perdana Menteri Mark Rutte, selamat datang kembali di Indonesia. Pertemuan ini merupakan pertemuan saya dengan Perdana Menteri Rutte di Indonesia. Pertemuan pertama terjadi 3 tahun yang lalu pada saat saya masih menjadi Gubernur Jakarta," kata Presiden Jokowi diawal sambutannya.

Jokowi menyatakan senang menyambut kunjungan PM Belanda yang datang bersama 3 menterinya dan juga membawa 200 pengusaha Belanda. "Ini menunjukkan sebuah kepercayaan, sebuah trust pada Indonesia dalam hal investasi," ujar Presiden.

Menurut Presiden Jokowi, besarnya  rombongan yang datang berkunjung menunjukkan komitmen yang tinggi Belanda untuk terus memperkuat hubungan dengan Indonesia.

Bagi Indonesia, tambah Jokowi, Belanda adalah salah satu mitra terpenting Indonesia di Eropa. Ke depan, Indonesia akan terus memfokuskan kerjasama dengan Belanda di bidang perdagangan, investasi, pariwisata, pengelolaan air, pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur maritim.

[hs]