Ilustrasi

Jakarta,seruu.com - Honda dikabarkan telah memerintahkan diler di Amerika Serikat guna menahan penjualan generasi kesepuluh Civic pada akhir Januari lalu. Menurut rumors yang beredar, Civic teranyar terdeteksi bermasalah pada bagian mesin dan Honda segera mengumumkan status perbaikan massal alias recall.

Kabar pertama muncul pada awal Februari dari situs penggemarCivicX.com yang mendapat informasi dari buletin servis diler bahwa 34.000 unit Civic terbaru memiliki kerusakan pada ring piston. Akibatnya mesin bisa saja macet dan tidak bisa dinyalakan.

Belum ada pernyataan resmi dari Honda tentang situasi ini. Automotive News, Senin (22/2/2016), memberitakan, juru bicara Honda Chris Martin menolak memberikan detail termasuk jumlah unit bermasalah sebelum ada pernyataan resmi recall.

Martin mengatakan saat buletin itu terbit komponen pengganti bagian yang rusak belum tersedia. Menurutnya lagi status recall bakal keluar ketika badan keselamatan berkendara AS, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengetahui rencana recall Honda.

Honda diprediksi bakal menarik kembali Civic bermasalah untuk diperbaiki pada pertengahan Maret menurut keterangan yang tertera pada buletin.

[kps]